Home » Blog » Peringatan Hari Kondom seDunia
Rp 150.000
Beli

Peringatan Hari Kondom seDunia

Wednesday, September 27th 2017. Posted in BLOG

Hari Kondom Sedunia

Peringatan Hari Kondom SeDunia yang diperingati setiap 13 Februari telah dicanangkan oleh badan organisasi AIDS Healthcare Foundation (AHF) sebagai International Condom Day. Salah satu cara pencegahan AIDS dan menyadarkan masyarakat akan bahaya seks yang bebas. Berbagai bentuk kampanye telah dilakukan oleh berbagai negara di dunia arti pentingnya penggunaan kondom.Kegiatan kampanye yang dilakukan antaranya dengan penerbangan pesawat yang membawa iklan banner yang mempromosikan International Condom Day. Kegiatan Hari Kondom SeDunia dengan kampanye lain yang dilakukan berupa: seminar-seminar tentang bahaya AIDS, pembagian kondom ke tempat-tempat hiburan malam seperti club dan diskotik, serta pengujian penyakit HIV secara gratis.

International Condom Day

 

 

Pentingnya Kontrasepsi Kondom

Pentingnya kesadaran berkontrasepsi membantu mensukseskan perencanaan program Keluarga Berencana, yang berujung kepada kesejahteraan kualitas keluarga. Apalagi, diperkirakan, pada tahun 2050 nanti, Indonesia mengalami lonjakan penduduk sebanyak 40% atau sekitar 360 juta orang.

Hingga saat ini, masih dikeluhkan adanya stigma ‘minor’ dan tabu terhadap kondom sebagai sebuah alat kontrasepsi. Akibatnya, sekarang masih menjadi salah satu hambatan terhadap peningkatan penggunaan kondom di Indonesia. Faktanya, meningkat hanya sebesar 3,15% dari jumlah pasangan usia subur peserta aktif KB. Saat ini persentase perempuan menikah yang menggunakan kontrasepsi modern di Indonesia masih belum memenuhi target Sustainable Development Goals, yaitu 60% dari target 65%.

Salah satu penyebab belum tercapainya target SDGs dalam hal kontrasepsi adalah mitos bahwa KB memiliki efek bagi kesehatan perempuan. Padahal, anggapan tersebut salah besar. Dengan pentingnya peringatan Hari Kondom SeDunia justru akan membantu meningkatkan kualitas kesehatan ibu dan juga anak-anaknya.

Hari Kondom seDunia

 

Kondom Sebagai Alat Kesehatan

Penelitian telah menunjukkan bahwa kontrasepsi merupakan alat investasi kesehatan yang paling sederhana dalam Keluarga Berencana untuk menyelamatkan kehidupan dan secara dramatis meningkatkan kualitas kesehatan ibu dan anak.

Pada skala global, kontrasepsi memainkan peran lintas sektor terpenting dalam memberikan kontribusi terbanyak bagi tujuan pembangunan berkelanjutan jangka panjang. Singkatnya, momen Hari Kondom SeDunia dengan ber-KB dan merencanakan jarak kehamilan, dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarga, masyarakat dan juga bangsa.

Dengan berbagai jenis produk kontrasepsi yang beredar di pasaran, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia untuk berkontrasepsi demi terwujudnya tujuan pembangunan berkelanjutan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat menjadi lebih baik.

Hari Kontrasepsi Sedunia yang jatuh pada 13 Februari menjadi momentum untuk menilik kembali kesadaran berkontrasepsi masyarakat Indonesia, negara berpenduduk terbesar ke empat di dunia dengan 259,4 juta jiwa. Pertanyaan besar pun mengemuka: Seberapa besar kesadaran warga Indonesia dengan alat kontrasepsi kondom?

AIDS Healthcare Foundation (AHF) memperingati hari kondom sedunia agar masyarakat dunia meningkatkan pengetahuan tentang HIV/AIDS dan menganjurkan penggunaan kondom secara konsisten. Dengan momen Peringatan Hari Kondom seDunia diharapkan bahwa penggunaan kondom dapat menjadi salah satu strategi utama untuk mengurangi dan mencegah penularan HIV di seluruh dunia. AIDS Healthcare Foundation (AHF) sendiri merupakan organisasi AIDS global terbesar di dunia yang sampai saat ini sudah memberikan perawatan medis dan layanan kesehatan kepada sekitar 151.000 penderita AIDS dan 26 negara di seluruh dunia.

Rp 125.000 - 175.000
Beli
400.000
Rp 350.000
Beli